Bagi perusahaan yang memiliki satu atau lebih anak perusahaan, biasanya adalah akan menggunakan laporan keuangan dalam bentuk konsolidasi.

Agar tidak bingung, bedakan dua hal ini: konsolidasi adalah kata kerja; sementara konsolidasian adalah kata benda.

Prinsip konsolidasian adalah penyajian laporan keuangan yang isinya gabungan dari laporan milik perusahaan induk dan entitas anak perusahaan dalam satu laporan.

Sehingga laporan keuangan ini membuat seolah-olah mereka adalah satu entitas. Jika Anda pernah melihat laporan segmen operasi sebuah usaha yang menyajikan pemisahan angka, maka laporan konsolidasi merupakan kebalikannya.

Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi Adalah

Saat satu perusahaan untuk membeli perusahaan yang lebih kecil yang dapat melengkapi bisnis primer dan membuatnya lebih kuat.

Perusahaan yang lebih kecil (anak perusahaan) dapat membantu profitabilitas perusahaan induk sambil juga terus beroperasi sebagai entitas yang terpisah.

Setiap anak perusahaan harus menyiapkan laporan keuangannya sendiri termasuk neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan laba ditahan.

Informasi ini untuk setiap anak perusahaan kemudian digabungkan dengan menggunakan perangkat lunak konsolidasi untuk membuat laporan keuangan konsolidasi yang mewakili posisi keuangan perusahaan induk.

Tujuan dari penyusunan laporan keuangan ini adalah untuk memberikan gambaran objektif secara keseluruhan mengenai posisi keuangan dan aktivitas perusahaan.

Sehingga kelompok yang berkepentingan seperti investor maupun auditor dapat memahami kondisi yang ada pada anak perusahaan maupun induk perusahaan.

Bentuk laporan keuangan dengan prinsip konsolidan ini dibutuhkan jika perusahaan induk memiliki kendali atas perusahaan anak perusahaannya.

Syarat dari perusahaan yang membutuhkan laporan keuangan konsolidasi adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai satu atau lebih anak perusahaan yang dibuktikan dengan kepemilikan saham;
  • Kepemilikan saham induk perusahaan terhadap anak perusahaan lebih dari 50%;
  • Kepemilikan saham induk perusahaan terhadap anak perusahaan kurang dari 50% namun perusahaan induk memiliki kendali penuh.

Fungsi Laporan Keuangan Konsolidasi Adalah

Laporan keuangan yang disusun berdasarkan prinsip konsolidasi disusun dengan tujuan yang baik. Beberapa manfaat diantaranya:

  • Mengetahui efek entitas anak perusahaan terhadap induk perusahaan dalam jangka panjang
  • Memberikan informasi paling mutakhir kepada tim manajemen perusahaan induk mengenai kinerja anak perusahaan yang dimiliki
  • Memberikan informasi kepada pihak luar yang membutuhkan.
  • Rasio keuangan berdasarkan laporan keuangan konsolidasi yang terbentuk tidak mencerminkan kondisi entitas yang membentuk konsolidasi maupun induk perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>