Internet Marketing

Sebuah bisnis yang menggantungkan eksistensinya pada jual-beli barang/jasa apapun jenisnya, perlu melakukan marketing. Awal pertama pertumbuhan industri, ditandai oleh revolusi industri yang melahirkan konsep mass production, marketing ditujukan untuk mendorong konsumen untuk membeli produk-produk yang dihasilkan secara massal. Maka marketing yang difokuskan pada masyarakat luas yang lebih popular dengan sebutan mass marketing.

Seiring berjalannya waktu, posisi strategi mass marketing mengalami degradasi, tidak lagi dianggap strategi yang tepat untuk memasarkan produk/jasa. Hingga saat perkembangan strategi promosi dengan kecanggihan teknologi dan jaringan internet, bermunculanlah berbagai konsep bisnis baru, termasuk di dalamnya konsep e-commerce, yaitu jual-beli barang/jasa melalui internet secara daring.

Walau usianya masih relatif muda, internet marketing mendapat sambutan yang cukup luas dari masyarakat bisnis, terutama di negara maju yang basis konsumen dan juga pengunjung internet cukup besar. Sambutan yang cukup luas itu tidak terlepas dari manfaat dan keunggulan seperti : cakupan global; biaya promosi relatif lebih terjangkau; iklan di internet lebih mudah untuk di update; dapat dihubungkan dengan proses transaksi; visualisasi di internet menarik perhatian konsumen serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen (customizable).

Metode promosi di internet dilihat dari sisi efektivitasnya, yaitu dengan menawarkan jangkauan (reach) yang paling luas, memiliki frekuensi tayang paling tinggi, dan pengaruh (impact) terhadap konsumen yang paling besar. Karena kesadaran masyarakat akan merek juga dapat ditingkatkan dengan meningkatkan impact media tersebut dengan jalan beralih ke media yang lebih banyak dibaca dan dilihat oleh konsumen target.

Jenis media dari internet marketing diantaranya:

  1. Search Engine Optimation (SEO)
  2. Search Engine Marketing (SEM)
  3. Email Marketing
  4. Mobile Advertising
  5. Social Media Marketing:
    a. Facebook Ads
    b. Twitter Ads
    c. Instagram Ads
    d. Youtube Ads

Peran media internet marketing menjadi lebih penting jika pasar target pengusaha UKM menyangkut juga pasar mancanegara. Namun, suatu hal yang perlu diwaspadai bila ingin memasarkan produk yang belum memiliki nama besar di pasar luar negeri ialah resiko rendahnya minat pembeli tanpa adanya suatu jaminan atau dukungan marketing dari perusahaan iklan, importer, serta distributor di negara pengimpor sehingga peran mitra asing dalam memasarkan produk secara online sekalipun masih belum dapat dikesampingkan.

Kelebihan dari internet marketing diantaranya:

  1. 24 jam nonstop marketing.
  2. Jangkauan luas, karena dapat menjangkau target market dari kota hingga global.
  3. Biaya lebih terjangkau.
  4. Terukur, karena dapat melihat respon dari strategi internet marketing yang kita apply.
  5. Meminimalisir kerugian jika dibandingkan dengan marketing secara konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>