Pembukuan Akuntansi Simple

Meskipun pembukuan bukanlah aktivitas yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu dan fokus, Anda tentunya akan menyadari betapa pentingnya memiliki pembukuan yang baik dan bersih.

Hal ini membuat waktu mengurus pajak lebih mudah, dan paling penting Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik bila Anda memiliki pemahaman mendalam terkait keuangan Anda. 

Pembukuan akuntansi simple adalah salah satu topik yang sangat sedikit orang senang berbicara tentangnya. Bagi sebagian besar pemilik usaha, pembukuan adalah seperti kunjungan ke dokter gigi: tidak menyenangkan tapi perlu melakukan. (Tidak semua orang seperti itu tentu saja).

Ini akan membuat Anda hanya menghabiskan 10 menit atau kurang dari itu untuk melakukan pembukuan Anda. (Tergantung pada bisnis Anda, tentunya). Berikut adalah tahapan yang dapat digunakan untuk proses pembukuan bisnis yang lebih simple.

Mengelola Pembukuan Anda.

Sebagian dari masalah adalah bahwa pembukuan terasa seperti sebuah tugas yang memberatkan sehingga orang menunda pembukuan mereka dan terus menumpuk pekerjaannya. Pada akhrinya mereka harus merelakan beberapa hari penuh untuk menyelesaikan semua itu.

Gunakan Software Pembukuan Online.

Jika Anda menggunakan cara kuno seperit pena dan kertas untuk pembukuan, atau jika Anda menggunakan aplikasi untuk akuntansi atau pembukuan yang lebih sederhana, seperti spreadsheet Excel. Ada banyak pilihan di luar sana yang harus Anda dalami.

Berkat kemajuan yang luar biasa dalam teknologi online, Anda dapat mengotomatisasi begitu banyak proses untuk kemudahan pembukuan bisnis dan membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk diri sendiri.

Menguasai Pembukuan Akuntansi Simple dengan 10 Menit Sehari

Jadi, Anda punya sistem pembukuan baru di tempat dan Anda siap untuk mulai menggunakannya (Anda ingat kan hanya menghabiskan 10 menit sehari sesuai yang jadwal?).

Input Data

Salah satu cara tercepat untuk mendapatkan banyak hal selesai melakukan hanya dalam 10 menit adalah dengan menggunakan file CSV (comma separate value) melalui Excel lalu memasukkan beberapa entri kemudian meng-upload ke pembukuan Anda. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Membuka spreadsheet Excel atau Google Docs Spreadsheet dan mengatur setiap kolom dengan informasi yang Anda perlukan dalam sistem pembukuan Anda (seperti Tanggal, Nama Kontak, Jumlah, Kategori, dan apa pun yang Anda perlu menyertakan).
  • Kemudian, duduk dengan tumpukan besar tagihan dan kwitansi Anda dan masukkan ke dalam kolom yang sesuai. Menyimpan file sebagai .csv dan meng-uploadnya ke perangkat lunak pembukuan Anda.

Otomatisasi

Bila memungkinkan, mengotomatisasi entri. Contohnya jika Anda memiliki tagihan yang keluar pada jumlah dan hari yang sama setiap bulan.

Anda hanya perlu membuat tagihan berulang ke dalam sistem Anda sehingga perlu memasukkan sekali dan hanya di awal, bukan setiap kali Anda mendapatkan tagihan. Beberapa contoh umum dari jenis-jenis tagihan seperti ini termasuk:

  • Sewa atau hipotek
  • Biaya telepon flat
  • Internet berlangganan, dan lain lain.

Ini juga bekerja untuk entri yang masuk, seperti: Jika seseorang membayar Anda jumlah yang sama di setiap bulan (seperti dalam situasi sewa atau situs keanggotaan), Anda dapat mengatur entri berulang untuk mereka.

Mengotomatisasi sebanyak yang Anda bisa dan jadwalkan salah satu dari 10 menit Anda untuk meninjau penagihan otomatis Anda dan melakukan koreksi jika perlu.

Untuk meringkas, berikut adalah praktik pembukuan 10 menit sehari terbaik:

  • Dapatkan up-to-date secepat mungkin dengan solusi pembukuan online yang baik
  • Mengotomatisasi sebanyak mungkin
  • Sinkronisasi proses bisnis
  • Tetap di atas pembukuan Anda dan menjaganya secara ketat dalam 10 menit sehari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>