Alasan Resign

Resign atau berhenti bekerja dari perusahaan merupakan salah satu hal yang umum terjadi di dunia kerja. Apalagi di kota-kota besar, resign sepertinya telah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para pekerja atau karyawan. Banyaknya lowongan pekerjaan di kota besar dan beberapa hal alasan yang juga sering membuat para pekerja memutuskan untuk resign. Berikut 9 alasan resign dan penjelasannya:

1. Ingin Jadi Pengusaha

Saat ini profesi seorang pengusaha memang sedang populer. Banyak orang yang memutuskan untuk resign untuk mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Profesi pengusaha yang mentereng dengan beberapa keuntungannya seperti kebebasan waktu dan keuntungan yang lebih membuat banyak karyawan memang tertarik. Saat modal yang dikumpulkannya dari bekerja dirasa sudah cukup untuk berbisnis, maka mereka akan resign dan membuka lapangan usahanya sendiri.

2. Terjadinya Perubahan Kebijakan

Pergantian kebijakan dari perusahaan memang bisa saja menjadikan seorang karyawan lantas memutuskan untuk resign. Umumnya hal ini terjadi bila kebijakan yang berubah membuat posisi karyawan menjadi tidak nyaman. Maka bagi Anda seorang pengusaha jika Anda ingin mempertahankan karyawan, Anda harus berhati-hati saat membuat atau merubah kebijakan. Perhatikan dulu kondisi dan situasi karyawan Anda jika akan melakukan perubahan kebijakan ini. Pastikan bahwa kebijakan tersebut saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan. 

3. Lingkungan kerja yang Tidak Nyaman

Perusahaan memang bisa saja menjadi tempat paling nyaman bagi para karyawan. Namun disisi lain perusahaan juga bisa menjadi neraka atau tempat yang sangat dibenci oleh karyawan. Faktor kenyamanan memang merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh pada betah atau tidaknya karyawan di perusahaan. Maka dari itu jika pengusaha tak mau kehilangan para karyawannya sebaiknya mereka memperhatikan faktor lingkungan ini. Jangan menunggu waktu hingga ada satu karyawan yang resign gara-gara faktor ini. Lingkungan yang nyaman juga akan membuat produktivitas karyawan meningkat.

4. Tidak Ada Apresiasi

Penghargaan atau apresiasi memang menjadi salah satu kebutuhan manusia yang mendasar. Karyawan akan merasa senang dan gembira jika diberi penghargaan dan apresiasi dari pekerjaannya. Namun sebaliknya jika ada seorang karyawan yang sudah lama bekerja dan merasa sudah bekerja secara maksimal kemudian tidak diberi apresiasi, maka sangat wajar bila karyawan ini lantas kecewa. Dari kekecewaan ini sangat mungkin karyawan tersebut memutuskan untuk resign. Maka dari itu, sebagai pengusaha yang menempatkan karyawan sebagai prioritas, seharusnya mengerti dan memahami hal ini. Berikankan apresiasi atau penghargaan kepada karyawan Anda yang memang telah bekerja dengan sangat baik dan menguntungkan perusahaan. Manfaatnya antara lain membuat karyawan betah dan menjadikan karyawan lain terpacu untuk mendapatkannya.

5. Merasa Tidak Berkembang

Perusahaan memang seharusnya menjadi sebuah tempat pengembangan diri bagi orang-orang yang bekerja didalamnya. Maka beberapa pekerja yang memang berharap perusahaan bisa membuat dirinya bisa berkembang dan ternyata tidak mendapatinya, mereka akan sangat mungkin memutuskan untuk resign.

6. Muncul Konflik

Konflik adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan dalam dunia kerja. Baik konflik antara karyawan dengan karyawan lain, ataupun karyawan dengan pemimpin. Konflik yang terjadi sering kali timbul karna ketidakcocokan pendapat, karakter ataupun hal-hal lainnya. Hal tersebut jika tidak segera ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin menimbulkan ketidaknyamanan dan hingga akhirnya berakhir dengan pengunduran diri salah satu pihak.

7. Ingin Mencoba Tantangan yang Baru

Bagi beberapa karyawan, bekerja disebuah perusahaan memang dijadikannya sebagai uji tantangan terhadap kemampuan dirinya. Maka ketika tantangan yang mereka jalani ternyata sudah tak ada lagi, maka karyawan yang seperti ini bisa saja kemudian akan memutuskan untuk resign. Kemudian mereka ini akan mencari pekerjaan baru yang bisa menjadi tantangan baru untuk dirinya. 

8. Melihat Prospek Perusahaan yang Tak Baik

Beberapa perusahaan yang bergerak menjalankan roda bisnisnya memang terkadang tidak dapat menjawab tantangan zaman kemudian mengalami kemunduran usaha. Ketika hal ini terjadi, maka beberapa karyawan yang selalu berpandangan kedepan bisa saja kemudian untuk memutuskan resign. Para karyawan yang ingin bekerja di perusahaan yang memiliki masa depan bagus akan berpikir ulang jika ia bekerja di perusahaan yang mengalami kemunduran.

9. Muncul Penawaran dari Perusahaan Lain

Adanya tawaran yang lebih menguntungkan atau menggiurkan dari perusahaan lain, seperti gaji dan tunjangan yang lebih besar. Maka dari itu saat mereka tiba-tiba memperoleh tawaran bekerja di perusahaan lain dengan gaji yang lebih baik, bisa jadi mereka kemudian akan memutuskan untuk resign. Apalagi jika mereka para karyawan ini ternyata tidak pernah mendapatkan penawaran yang bagus dari perusahaan tempat ia bekerja selama ini. Hal ini akan semakin membuat karyawan dengan yakin untuk resign ketika mendapatkan tawaran dari perusahaan lain yang lebih baik.

Apapun alasan Anda untuk resign, pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang terlebih dahulu. Jangan hanya karena emosi sesaat, keputusan yang Anda buat lantas merugikan Anda kedepannya dan menyesal. Maka dari itu, bijaklah dalam memutuskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>