Di Amerika Serikat sendiri ada hampir sekitar 25 juta bisnis tunggal telah beroperasi. Lebih dari 36.000 di antaranya pun menghasilkan tujuh digit keuntungan atau lebih setiap tahunnya, seperti melansir Forbes, Rabu (16/12/2020).

Elaine Podefldt pun melakukan riset kepada entreprenuer-entrepreneur ini selama beberapa tahun, dan dia pun menemukan sejumlah tips strategi untuk membangun bisnis menguntungkan tanpa harus mempekerjakan karyawan, dalam bukunya yang berjudul “The Million-Dollar, One-Person Business

Berikut ini adalah strateginya:

1. Temukan Keunikan yang Disuka

Tom Corley, seorang akuntan publik, memiliki 10 klien yang menjalankan bisnis tunggal dengan pendapatan tujuh digit. Dirinya mengatakan bahwa bahwa 9 dari 10 kliennya membangun bisnis dari sesuatu yang bisa dibilang unik.

Berdasarkan dari riset Pofedlt, dia menemukan bahwa bisnis tunggal yang sukses biasanya masuk ke dalam enam kategori.

– E-commerce

– Manufaktur

– Pembuatan konten informasional

– Servis Profesional dan bisnis kreatif

– Perusahaan layanan pribadi yang menawarkan keahlian

– Real estate

Bisnis blog Schroeder-Gardner yang menceritakan pengalaman membayar utang pelajar sebenarnya banyak juga dilakukan orang lain.

Tapi cerita dirinya yang unik membuat pembaca tertarik untuk terus membacanya, dan Schoreder-Gardner pun pada akhirnya berhasil membangun pengunjung loyal dan kesuksesan bisnisnya.

2. Outsorcing dan Otomatisasi

Hampir tidak mungkin bagi seorang solopreneur untuk mencapai semua yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis secara sendiri. Hal itu pastinya sangat melelahkan.

Menurut Pofeldt, “Apa yang akan membantu Anda memecah tujuh digit penghasilan tersebut adalah dengan memperluas kapasitas melebihi apa yang dapat dilakukan satu orang.”

Untungnya di jaman dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, otomatisasi bukanlah sebuah kendala lagi.

Situs-situs seperti Fiverr, Upwork, Guru, dan Microworkers memungkinkan para solopreneur meng-outsourcing bagian-bagian tugas tertentu. Faktanya beberapa wirausaha mempekerjakan asisten virtual atau membayar jasa dari para pekerja lepas.

3. Mengembangkan Penghasilan Pasif

Schroeder-Gardner pun berterima kasih kepada “pemasaran afiliasi” yang tidak hanya memberikan kebebasan finansial, tetapi juga kebebasan gaya hidup.

“Saya dapat menempatkan tautan ke produk yang saya sukai di blog saya, dan itu membantu saya menghasilkan uang, tanpa harus bekerja setiap jam dalam sehari,” jelasnya.

“Sebaliknya, saya dapat memperoleh penghasilan saat saya tidur, berlibur,” tambah Schroeder-Gardner.

Menurut Schroeder-Gardner, pengusaha dapat mencapai hasil yang sama dengan menciptakan produk untuk dijual.

“Dengan menjual produk sendiri, selain menjual layanan satu kali dari bisnis anda, maka individu tersebut bisa mendapatkan uang dengan berulang kali menjual produk tersebut ke banyak orang dan tidakhanya ke satu orang saja,” kata dia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>